BASIS DATA XI





DDL (Data Definition Language)

Perintah dalam SQL yang pertama adalah perintah DDL. DDL sendiri mrupakan kependekan dari apa yang dikenal dengan nama Data Definition Language. Apabila diartikan secara harafiah, Data Definition Language berarti merupakan sebuah bahas SQL yang digunakan untuk mendefinisikan suatu data. Secara teoritis, DDL dapat berarti sebuah perintah yang berhubungan dengan pendefinisian dari suatu struktur database.



DCL (Data Control Language)

Perintah kedua yang ada pada struktur bahasa SQL dalam manajemen basis data adalah DCL/ DCL merupakan kependekan dari data control language. Apabila diartikan secara harafiah, maka tentu saja perintah ini adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk mengontrol data dan juga objek di dalam sebuah database.

Perintah DCL ini merupakan perintah yang fungsinya berperan untuk melakukan proses manipulasi user pada sebuah database, dan juga menyangkut hak akses dari sebuah database. Jadi, dengan menggunakan perintah ini, kita dapat menentukan, siapa saja yang berhak untuk mendapatkan akses ke dalam database yang kita miliki.



DML (Data Management Language)

Perintah terakhir di dalam sebuah struktur bahasa SQL adalah perintah DML. DML merupakan kependekan dari Data management language. Dari kepanjangannya saja sudah dapat terlihat, bahwa yang dimaksud dengan DML adalah sebuah perintah yang digunakan untuk melakukan proses manipulasi dan pengeditan terhadap data – data yang sudah ada di dalam sebuah data base.

Pada dasarnya, fungsi utama dari penggunaan DML di dalam sebuah struktur bahasa SQL adalah untuk melakukan proses pengolahan isi dari data di dalam tabel dan database.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama